PEMASARAN PASCA PANEN

Pemasaran pasca panen

A. Target dan Kebutuhan Pasar

Pada saat ini target pasar jamur tiram belum merambah pasaran luar negeri dan hanya memenuhi kebutuhan pasar domestik dan itu pun masih kurang. Hal tersebut disebabkan karena masih sedikitnya pengusaha baik secara individu ataupun corporation yang membudidayakan jamur tiram.

Bagi pengusaha pemula, tidak perlu khawatir dengan bagaimana cara memasarkan hasil jamur yang dipanen, karena sudah ada penampung jamur hasil panen dengan nilai harga yang relatif tinggi dan stabil per kilogramnya dengan catatan jamur dalam kualitas baik.

B. Sistem Distribusi dan Penjualan

Distribusi hasil panen bisa dilakukan melalui kerjasama kemitraan dengan Supplier log substrat tanam, dalam arti kita membeli log substrat tanam kemudian setelah panen kita tidak menjual langsung kepada pasar atau konsumen tetapi supplier tersebutlah yang akan menampung hasil panen kita. Atau bisa juga dengan cara langsung menjualnya ke pengepul yang akan datang ke kebun jika hasil panen perharinya sudah stabil dan diatas 100kg perhari.

2 komentar:

galih341 mengatakan...

Ass.. saya adalah orang baru dalam dunia jamur.permasalahan yang sering saya hadapi adalah masih sulitnya pemasaran jamur,mengingat masyarakat di wilayah saya masih awam dengan jamur.
Dengan melihat profesi anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia jamur saya harap anda bisa memberikan sedikit solusi kpada pengusaha-pengusaha jamur baru yang di daerahnya masih atau belum ada jamur.Wassalam.

Unknown mengatakan...

Saya juga ingin tahu trik2 utk menembus pasar tradisional/mall/supermarket yg lingkungannya blm mengenal masakan jejamuran.
Saya tahu yg namanya merintis dari nol memang tdk mudah, tapi dng belajar dari orang2 yg sudah mengelami tentu akan lebih memudahkan. Thanks

Silahkan beriklan disini GRATIS

Hubung kami via email herbal.jogja@gmail.com
Subyek Pasang Iklan sertakan juga materi iklan yang akan dipasang

Cari Artikel Lain di Sini